Pada dasarnya, pendidikan luar sekolah atau pendidikan nonformal merupakan pendidikan yang terlebih dahulu lahir daripada
pendidikan formal. Hal tersebut dapat terjadi mengingat sejalan dengan
meningkatnya jumlah umat manusia di bumi ini, baik disadari maupun tidak akan
kemudian sebuah kelompok – kelompok kecil sampai besar yang kemudian didalamnya
terjadi interaksi yang dimana proses pendidikan disitu nantinya akan terlahir.
Pendidikan nonformal timbul dari konsep pendidikan seumur hidup yang dimana
bahwa proses pendidikan merupakan suatu proses continue yang bermula sejak
seseorang dilahirkan hingga meninggal dunia. Sehubungan dengan hal tersebut
untuk itulah kenapa pendidikan nonformal mempunyai karakteristik yang sangat
berbeda apabila kita bandingkan dengan pendidikan formal yang sering kita temui
dan alami pada masa – masa sekolah.
Menurut Coombs dalam Sudjana (2004), pendidikan
luar sekolah ialah setiap kegiatan terorganisasi dan sistematis, di luar sistem
persekolahan yang mapan, dilakukan secara mandiri atau merupakan bagian penting
dari kegiatan yang lebih luas, yang sengaja dilakukan untuk melayani peserta
didik tertentu di dalam mencapai tujuan belajarnya. Menurut Philips H. Combs
mengungkapkan bahwa pendidikan luar sekolah adalah setiap kegiatan pendidikan
yang terorganisir yang diselenggarakan diluar sistem formal baik tersendiri
maupun merupakan bagian dari suatu kegiatan yang luas, yang dimaksudkan untuk
memberikan layanan kepada sasaran didik terentu dalam rangka mencapai tujuan –
tujuan belajar. Seain itu, Menurut Soelaiman Joesoef dan Slamet Santoso
pendidikan luar sekolah adalah setiap kesempatan di mana terdapat komunikasi
yang teratur dan terarah di luar sekolah dan seseorang memperoleh informasi,
pengetahuan, latihan maupun bimbingan sesuai dengan usia dan kebutuhan
kehidupan, dengan tujuan mengembangkan tingkat keterampilan, sikap dan
nilai-nilai yang memungkinkan baginya menjadi peserta-peserta yang efisien dan
efektif dalam lingkungankeluarga, pekerjaan bahkan lingkungan masyarakat dan
negaranya.
Dari beberapa paparan para pakar tersebut apabila
kita tarik sebuah benang merah maka, pendidikan luar sekolah sejatinya
merupakan sebuah pendidikan yang dirancang untuk membelajarkan warga belajar
agar mempunyai jenis keterampilan dan atau pengetahuan serta pengalaman yang
dilaksanakan di luar jalur pendidikan formal.
0 komentar:
Posting Komentar