Evaluasi merupakan salah satu rangkaian manajemen
dalam hal meningkatkan kualitas, kinerja, atau produktifitas suatu lembaga
dalam melaksanakan programnya. Evaluasi secara singkat juga dapat didefinisikan
sebagai proses mengumpulkan informasi untuk mengetahui pencapaian belajar kelas
atau kelompok. Hasil evaluasi diharapkan mampu memperbaiki sekaigus
meningkatkan proses manajemen yang telah berjalan. Jadi, nantinya evaluasi
memberikan informasi bagi para perancang program untuk memutuskan kebijakan apa
selanjutnya yang harus diambil.
Mehrens & Lelman (1978) Evaluasi
adalah suatu proses dalam merencanakan, memperoleh, dan menyediakan informasi
yang sangat diperlukan untuk membuat alternatif - alternatif keputusan.
Evaluasi
menurut Griffin & Nix (1991) adalah judgment terhadap
nilai atau implikasi dari hasil pengukuran. Menurut definisi ini selalu
didahului dengan kegiatan pengukuran dan penilaian. Menurut Tyler (1950),
evaluasi adalah proses penentuan sejauh mana tujuan pendidikan telah tercapai.
Masih banyak lagi definisi tentang evaluasi, namun semuanya selalu memuat masalah
informasi dan kebijakan, yaitu informasi tentang pelaksanaan dan keberhasilan
suatu program yang selanjutnya digunakan untuk menentukan kebijakan berikutnya.
Berangkat
dari paparan tersebut dapat kemudian kita tarik kesimpuan bahwasanya evaluasi
pendidikan luar sekolah adalah proses pengambilan informasi tentang pelaksanaan
suatu program pendidikan uar sekolah mulai dari perancangan, pengorganisasian,
pergerakan, hingga pembinaan. Pada titik ini proses evaluasi atau penilaian
akan juga kemudian menentukan pada proses pengembangan sehingga nantinya kesuksesan dalam proses evaluasi ini juga akan
berdampak kepada kesuksesan proses pengembangan dari sebuah program dalam hal
ini adalah program pendidikan luar sekolah.
ASSALAMUALAYKUM KAK. KENAPA YG FUNGSI PEMBINAAN GAK BISA DI BUKA YA
BalasHapus