Pendidikan luar sekolah
sebenarnya bukanlah barang
baru dalam khasanah
budaya dan peradaban manusia.
Pendidikan luar sekolah
telah hidup dan
menyatu di dalam kehidupan
setiap masyarakat jauh
sebelum muncul dan
memasyarakatnya sistem persekolahan. PLS
mempunyai bentuk dan
pelaksanaan yang berbeda
dengan sistem yang sudah ada
di pendidikan persekolahan.
PLS timbul dari
konsep pendidikan seumur
hidup dimana kebutuhan akan
pendidikan tidak hanya
pada pendidikan persekolahan/pendidikan formal saja.
PLS pelaksanaannya lebih
ditekankan kepada pemberian
keahlian dan keterampilan dalam
suatu bidang tertentu.
Berbagai kelemahan
sistem persekolahan dimuntahkan,
terutama pada aspek-aspek prosedural yang dinilai mengeras, kaku, serba
ketat dan formalistis. Pada intinya, walaupun sistem persekolahan masih tetap dipandang
penting, pijakan pemikiran sudah mulai realistis yaitu tidak
semata-mata mengandalkan sistem
persekolahan untuk melayani
aneka ragam kebutuhan pendidikan
yang kian hari
semakin mekar dan
beragam. Pembinaan dan pengembangan PLS dipandang relevan untuk
bisa saling isi-mengisi atau topang menopang dengan sistem
persekolahan, agar setiap
insan bisa menyesuaikan
hidupnya sesuai dengan perkembangan zaman.
Pendidikan luar
sekolah adalah setiap
kesempatan dimana terdapat
komunikasi yang teratur dan
terarah di luar
sekolah dan seseorang
memperoleh informasi, pengetahuan, latihan maupun bimbingan sesuai
dengan usia dan kebutuhan kehidupan dengan tujuan mengembangkan tingkat
keterampilan, sikap dan nilai-nilai yang memungkinkan baginya menjadi peserta-peserta yang
efisien dan efektif
dalam lingkungan keluarga,
pekerjaan bahkan lingkungan masyarakat dan negaranya. PHILLIPS H.
COMBS, mengungkapkan bahwa
pendidikan luar sekolah
adalah setiap kegiatan pendidikan yang terorganisir yang diselenggarakan
di luar sistem formal, baik tersendiri maupun merupakan bagian dari suatu
kegiatan yang luas, yang dimaksudkan
untuk memberikan layanan
kepada sasaran didik
tertentu dalam rangka mencapai tujuan-tujuan belajar.
0 komentar:
Posting Komentar